Cara memilih PC yang tepat: Semua yang perlu Anda ketahui tentang memilih komputer yang tepat untuk bekerja

Karakteristik utama dari usaha kecil dan menengah (UKM) adalah kurangnya dana dan sumber daya manusia dibandingkan dengan yang tersedia untuk perusahaan. Jadi ketika datang untuk mempertimbangkan apa komputer UKM harus memilih, isu-isu seputar anggaran dan dukungan TI biasanya akan sangat menonjol.

Tetapi sementara biaya merupakan faktor penting dalam keputusan pembelian SMB, itu tidak berarti mereka harus selalu menuju ke pasar bawah: membeli armada PC ruang bawah tanah tawar-menawar dan kemudian menemukan sejumlah besar sistem ‘mati-pada-kedatangan’, atau tingkat kegagalan tinggi yang membutuhkan intervensi berulang oleh staf TI atau dukungan pelanggan tidak akan memberikan total biaya kepemilikan (TCO) yang optimal.

LIHAT: 20 tips pro untuk membuat Windows 10 bekerja seperti yang Anda inginkan (PDF gratis)

Di luar fungsionalitas produk, kinerja dan biaya, ada masalah tambahan penting seperti rekam jejak vendor, peta jalan produk, ketentuan garansi, hubungan pelanggan, komunitas pengguna dan komitmen terhadap kegunaan. Semua ini harus dimasukkan ke dalam proses pembelian pada tingkat tertentu.

Dengan komentar umum ini dalam pikiran, apa faktor-faktor kunci yang harus menentukan pilihan UKM ‘komputer? Sebelum melangkah lebih jauh, perlu ditekankan bahwa dengan ‘komputer’ yang kami maksud adalah perangkat produktivitas tujuan umum mulai dari desktop dan workstation tradisional hingga hibrida tablet / laptop. Kami tidak berbicara tentang smartphone (meskipun ponsel menjadi semakin kuat dan mampu memberikan pengalaman desktop) atau server.

Apa yang ingin Anda lakukan dengan itu?

Komputer yang digunakan oleh ‘pekerja pengetahuan’ tradisional di meja kantor akan menjadi binatang yang berbeda dari perangkat di depan ‘pekerja lini pertama’ di bidang manufaktur, konstruksi, ritel, perhotelan atau perusahaan transportasi, misalnya, atau di organisasi sektor publik. Lalu ada segala macam ‘pengguna daya’ – terutama di sektor ilmiah, keuangan dan kreatif – yang akan membutuhkan komputer dengan tingkat fungsi dan kinerja yang sama sekali berbeda.

Perangkat yang melayani kelas pengguna yang luas ini – pekerja lini pertama, pekerja pengetahuan dan pengguna daya – juga akan membutuhkan berbagai tingkat portabilitas, kekasaran dan keamanan, tergantung pada persyaratan, atau tuntutan pada, sektor bisnis tertentu.

READ:  Panduan Pembelian Komputer

Semua ini mungkin tampak jelas, tetapi tanpa gambaran yang jelas tentang beban kerja komputer Anda akan berjalan, dan keadaan di mana mereka akan menjalankannya, peluang Anda untuk membuat pilihan yang optimal sangat tipis.

Secara umum, vendor PC terkemuka memiliki berbagai penawaran PC terluas di berbagai titik harga, dan kemungkinan besar dapat mengatasi hambatan ekonomi yang tak terduga seperti yang saat ini kita alami.

Jadi kecuali mereka sudah memiliki hubungan yang sudah ada sebelumnya dengan vendor lapis kedua atau ketiga, atau memiliki alasan yang baik untuk mencari pemasok dalam kategori ‘Orang Lain’, sebagian besar UKM akan melihat apa yang sering disebut ‘tersangka biasa’: Data: IDC / Bagan: ZDNet

Tentu saja vendor papan atas telah terpengaruh oleh pandemi virus corona, dengan pasar PC tradisional (desktop, notebook dan workstation) melihat penurunan pengiriman 9,8% tahun-ke-tahun pada Q1 2020, menyusul penutupan pabrik yang diperpanjang pada bulan Februari, menurut perusahaan analis IDC. Apple mengalami penurunan terbesar sebesar 20,7% dibandingkan dengan Q1 2019, karena hampir semua manufakturnya berbasis di China. HP, Acer dan Lenovo mengalami penurunan masing-masing 13,8%, 9,9% dan 4,3%, sementara pengiriman Dell sebenarnya naik sedikit (1,1%) berkat hubungannya yang kuat dengan rantai pasokan, kata IDC.

Apa platform pilihan Anda?

Dinilai murni pada pangsa pasar di seluruh dunia, Windows kemungkinan akan menjadi pilihan pertama sistem operasi untuk UKM: di semua versi, Windows menyumbang 88% dari pasar, menurut NetMarketShare, dengan Windows 10 terdiri lebih dari setengah (52%) dan Windows 7 sekitar sepertiga (30,6%) – meskipun dukungan untuk yang terakhir berakhir pada Januari 2020: Data: NetMarketShare / Chart: ZDNet

Windows mendominasi pasar sistem operasi PC berkat ketersediaannya yang lama pada berbagai perangkat keras OEM (dan baru-baru ini, Microsoft), yang telah menghasilkan berbagai macam perangkat lunak yang ditulis untuk platform. Itu bukan untuk mengatakan bahwa itu tentu sistem operasi ‘terbaik’, tetapi sebagai SMB Anda mungkin akan membutuhkan alasan yang baik, spesifik, untuk mengabaikannya demi macOS Apple, yang terdiri dari sekitar 9% dari pasar, Linux (1,8%) atau Chrome OS (<1%).

READ:  Butuh Bantuan Untuk Membeli PC? Lihat Panduan Ini untuk Tips

Misalnya, Anda dapat memilih macOS untuk beberapa karyawan untuk menjalankan perangkat lunak kreatif pada perangkat keras premium, atau karena ekosistem Apple sudah merangkul seluruh perusahaan. Linux mungkin mendapatkan anggukan untuk sifatnya yang gratis, open-source dan semakin dapat digunakan, atau karena itu kurang dari target untuk penjahat dunia maya daripada Windows. Dan Chromebook berbasis Chrome OS menawarkan platform yang terjangkau untuk aplikasi produktivitas berbasis web atau perangkat lunak klien tipis.

Faktor bentuk apa yang paling tepat?

Faktor bentuk komputer berkisar dari tablet dan laptop ultraportable untuk besar, kuat multi-monitor workstation, menyentuh banyak titik di antaranya. Memilih di antara mereka adalah pertanyaan ‘apa yang ingin Anda lakukan dengannya?’, Dan akan melibatkan trade-off antara daya komputasi, portabilitas, ukuran layar, metode input dan upgradeability. Taksonomi kelas perangkat utama ini dapat membantu menempatkan mereka ke dalam perspektif: Gambar: Charles McLellan / ZDNet

Saat ini ada banyak aktivitas dan inovasi di ruang yang ditempati oleh tablet, ultrabook dan laptop / tablet 2-in-1, terutama karena ‘produktivitas seluler arus utama’ adalah (atau telah) merupakan pos terdepan pertumbuhan di pasar PC yang umumnya menurun. Itulah sebabnya Apple berusaha untuk membuat iPad lebih ‘komputer’ seperti dengan keyboard add-on dan dukungan trackpad, dan mengapa ada banyak minat pada perangkat yang akan datang seperti Lenovo ThinkPad X1 Fold dan Microsoft dual-screen Windows 10X berbasis Surface Neo, serta prototipe Intel Horseshoe Bend yang terbentang dari clamshell ke layar 17,3 inci mandiri besar, dan perangkat lipat konsep dari Dell. Namun, produk di ruang ini akan membawa harga premium untuk beberapa waktu, dan kemungkinan akan keluar dari perhitungan untuk SMB rata-rata untuk masa mendatang. Spesifikasi

Setelah Anda menyelesaikan beban kerja yang akan Anda jalankan, OS tempat Anda akan menjalankannya, dan faktor bentuk yang Anda butuhkan, saatnya untuk mempertimbangkan spesifikasinya. Yang dasar berputar di sekitar CPU, RAM dan penyimpanan, GPU dan konektivitas. Berikut adalah beberapa rekomendasi yang sangat luas.

READ:  Membeli Komputer: 101 Tips Sebelum Anda Checkout

Prosesor datang dalam varian ‘desktop’ dan ‘mobile’, yang pertama umumnya lebih kuat tetapi kurang hemat daya daripada yang terakhir untuk nomor model tertentu. Jika Anda menginginkan fitur keamanan dan pengelolaan kelas perusahaan yang terpasang di CPU, cari model vPro (Intel) dan PRO (AMD).

Untuk desktop dan laptop, semakin banyak RAM dan semakin banyak penyimpanan – penyimpanan SSD yang sangat cepat – Anda dapat menentukan, semakin baik. Tetapi jika Anda harus memilih antara menghabiskan lebih banyak untuk RAM atau penyimpanan, pilih RAM. Anda selalu dapat menyimpan data di media eksternal atau di cloud jika perlu, tetapi lebih banyak RAM akan membuat PC lebih responsif. Jika Anda melihat Optane Memory dalam spesifikasi PC, itu bukan RAM, tetapi memori non-volatile yang digunakan dalam SSD cepat atau untuk ‘akselerasi sistem cerdas’ – mempercepat akses ke data pada hard disk drive lama (HDD), misalnya.

GPU Ketika datang ke grafis, GPU terintegrasi di Intel dan beberapa prosesor AMD akan menangani sebagian besar beban kerja SMB baik-baik saja. Prosesor Intel hadir dengan Grafis HD atau UHD terintegrasi, dan Iris, Iris Pro atau Iris Plus Graphics, sementara prosesor AMD dilengkapi dengan Radeon atau Radeon Vega Graphics terintegrasi. GPU terintegrasi berbagi RAM dengan prosesor utama, yang merupakan alasan lain mengapa selalu terbaik untuk menentukan RAM paling banyak yang Anda mampu.

Untuk tugas-tugas yang menuntut secara grafis, Anda memerlukan sistem dengan desktop diskrit atau GPU seluler, dengan RAM video khusus sendiri (yang dapat berkisar antara 2GB dan 16GB). Vendor GPU diskrit utama adalah Nvidia (GeForce, Quadro, Titan, Tesla) dan AMD (Radeon, Radeon Pro).

Langkah Intel berikutnya di ruang GPU adalah dengan arsitektur Xe-nya, yang diharapkan dapat ditingkatkan dari seluler hingga sistem komputasi berkinerja tinggi (HPC).