Butuh Bantuan Untuk Membeli PC? Lihat Panduan Ini untuk Tips

Sebelum Anda membeli komputer desktop baru, penting untuk memahami bagaimana faktor-faktor seperti CPU dan RAM mempengaruhi kinerja sistem. Anda juga harus mempertimbangkan periferal yang Anda butuhkan, seperti port konektor dan drive optik. Berikut adalah ikhtisar faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda berbelanja untuk komputer desktop.

Informasi dalam artikel ini berlaku secara luas untuk semua komputer desktop, meskipun lebih dioptimalkan untuk ekosistem Windows dan Linux daripada ekosistem Apple. Periksa spesifikasi produk individual sebelum melakukan pembelian. Evaluasi Kebutuhan AndaSpesifikasi komputer yang ideal ditentukan oleh kasus penggunaan spesifik Anda. Misalnya, seberapa cepat PC Anda harus tergantung pada apa yang Anda rencanakan untuk dilakukan dengannya. Untuk PC game, prosesor cepat dan RAM yang cukup serta kartu grafis yang kuat terbukti penting. Jika Anda berencana untuk menggunakan komputer Anda untuk browsing web dan tugas produktivitas sederhana, seperti pengolah kata, maka desktop anggaran tingkat bawah sudah cukup. Chris Collins / Getty Images Prosesor papan atasMeskipun ada banyak prosesor desktop yang berbeda, atau CPU, sebagian besar berasal dari hanya dua produsen: AMD dan Intel. Prosesor Intel umumnya menawarkan kinerja yang lebih baik, tetapi mereka lebih mahal daripada prosesor AMD. Namun, perbedaan utama antara prosesor berkaitan dengan jumlah core yang mereka tawarkan dan kecepatan relatifnya.Sebagian besar produsen menyajikan sistem penilaian kinerja untuk PC desktop mereka, tetapi membandingkan di seluruh merek tidak selalu mudah. Taruhan terbaik Anda adalah mencari PC dalam kisaran harga Anda dan kemudian meneliti prosesor untuk memastikan mereka cukup kuat untuk kebutuhan Anda. IngatanMemori, atau RAM, memainkan peran besar dalam kecepatan dan kinerja PC. Semakin tinggi RAM, semakin baik kinerjanya. Para ahli merekomendasikan setidaknya 8 gigabyte memori, tetapi 16 GB menawarkan kinerja yang lebih baik. Untuk game dan penggunaan komputasi daya lainnya, 16 GB adalah minimum yang harus Anda pertimbangkan.Meskipun memori DDR3 adalah standar untuk komputer desktop selama bertahun-tahun, DDR4 sekarang lebih disukai. Saat membeli memori, cobalah untuk membeli sedikit DIMM mungkin untuk memungkinkan peningkatan memori di masa depan.

READ:  7 Tips Memilih Keyboard Komputer yang Sempurna Untuk Anda

Modul memori in-line ganda berisi satu atau beberapa chip RAM pada papan sirkuit kecil dengan pin yang menghubungkannya ke motherboard. Hard DriveSementara beberapa komputer desktop masih mengandalkan hard disk drive, sebagian besar PC yang lebih baru dikirimkan dengan solid-state drive untuk menyimpan dan caching data. SSD lebih baik karena lebih cepat, lebih efisien, dan lebih tahan lama daripada HDD.Ada dua elemen utama yang perlu dipertimbangkan saat berbelanja hard drive: ukuran dan kecepatan. Hard drive desktop modern harus memiliki setidaknya 1TB ruang penyimpanan. Dalam hal kecepatan, sebagian besar berjalan pada 7200 rpm, tetapi beberapa drive hijau atau kecepatan variabel mengkonsumsi lebih sedikit energi. Sebagian besar motherboard sekarang mendukung RAID untuk menginstal beberapa hard drive pada mesin Anda.

RAID adalah singkatan dari Redundant Array of Inexpensive Drives atau Disks. Solusi RAID menciptakan lebih banyak penyimpanan dengan biaya lebih rendah. Drive Optik (CD/DVD/Blu-Ray)Sebagian besar desktop masih dilengkapi dengan pembakar DVD, tetapi beberapa PC faktor bentuk kecil menyingkirkan drive optik. Untuk menonton film baru dalam HD, desktop Anda memerlukan drive Blu-ray. Jika komputer yang Anda inginkan tidak memiliki drive optik, beli CD eksternal, DVD, dan pemutar Blu-ray. Kartu Video/GrafikJika Anda tidak bermain game PC dengan grafis 3D, maka Anda tidak perlu khawatir tentang kartu grafis khusus. Gamer harus mempertimbangkan kartu DirectX 11 dengan setidaknya 2 GB memori onboard. Pilih kartu video anggaran jika Anda hanya tertarik untuk mempercepat tugas non-3D. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan termasuk kinerja, jumlah memori pada kartu, konektor output, dan versi Direct X yang didukung. Konektor Periferal EksternalPeriksa berapa banyak dan jenis port eksternal apa yang tersedia di komputer untuk digunakan dengan periferal di masa depan. Ada berbagai konektor periferal berkecepatan tinggi yang sekarang tersedia. Yang terbaik adalah mendapatkan PC dengan setidaknya enam port USB. Konektor berkecepatan tinggi lainnya termasuk eSATA dan Thunderbolt, yang dapat sangat berguna untuk penyimpanan eksternal. Banyak desktop juga menyertakan pembaca kartu SD. Monitor DesktopMeskipun ada PC all-in-one dengan monitor built-in, Anda masih perlu mempertimbangkan kualitas layar. Sebagian besar monitor saat ini didasarkan pada teknologi LCD, dan satu-satunya perbedaan utama di antara mereka adalah ukuran dan biaya. Beberapa faktor lain, seperti akurasi warna, mungkin penting jika Anda berencana untuk menggunakan desktop untuk pekerjaan grafis. LCD 24 inci adalah yang paling umum, berkat keterjangkauan dan dukungan mereka untuk video definisi tinggi 1080p penuh. Layar yang lebih besar, seperti LCD 27 inci dan layar 4K, juga turun harganya.

READ:  Panduan Pembelian Laptop: 10 tips untuk membantu Anda memilih buku catatan yang tepat